Cara Mendesain Ruang di Bawah Tangga Jadi Lebih Bermanfaat

0
1036

Dalam sebuah rumah seringkali terdapat ruangan kecil yang jarang bisa termanfaatkan dengan baik. Hal ini sangat disayangkan karena sebenernya ruangan tersebut bisa didekorasi sehingga menciptakan ruangan baru yang nantinya dapat berguna. Salah satu contoh ruangan sempit yang kurang pemanfaatannya yaitu dengan mendesain ruang di bawah tangga. Caranya akan kami jabarkan dibawah ini.

Cara mendesain ruang di bawah tangga agar terlihat lebih bermanfaat dan estetik.

Tangga menjadi alat penghubung antar lantai dalam suatu rumah, namun hal ini dapat menciptakan ruang kosong dibawah tangga yang cukup sayang jika tidak dimanfaatkan secara optimal. Kita dapat memanfaatkan ruang bawah tangga yang tersedia menjadi tempat yang lebih bermanfaat.

Membuat Ruang Penyimpanan Barang

ruang penyimpanan di bawah tangga
©pinterest

Kalian dapat memanfaatkan ruang bawah tangga dengan cara membuat tempat penyimpanan barang. Jika memiliki banyak barang yang sudah tak terpakai, kalian dapat mendesain tempat penyimpanan di bawah tangga sehingga rumah dapat terlihat lebih rapih. Pembuatan rak geser juga dapat dijadikan solusi meminimalisir penggunaan lemari penyimpanan sehingga rumah terlihat lebih luas. selain itu kalian juga dapat memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai tempat menyimpan sepatu dan barang lainnya.

Memanfaatkannya Sebagai Rak Buku dan Koleksi

ruang membaca dibawah tangga
©pinterest

Ruang bawah tangga yang sempit juga dapat kita dekorasi ulang menjadi tempat penyimpanan buku dan koleksi. Dengan membuat rak-rak kalian bisa menata buku-buku dengan rapi serta koleksi lain seperti foto keluarga atau piagam penghargaan. Selain itu kalian bisa menbahkan sofa kecil untuk menciptakan ruang membaca. Perhatikan juga pencahayaanya, jika perlu kalian bisa menambahkan lampu untuk membuat ruangan jadi lebih terang.

Membuat Ruang Santai Keluarga

ruang keluarga dan bersantai di bawah tangga
©pinterest

Dengan menempatkan sofa atau kasur kecil dibawah tangga menjadi salah satu cara menciptakan ruang bersantai dirumah yang nyaman. Menempatkan kabin televisi juga merupakan ide yang bagus, kalian bisa melakukan kegiatan menonton televisi atau sekedar bercengkrama santai dengan keluarga. Dengan menambahkan aksesoris dan beberapa tanaman hijau maka kalian dapat menciptakan ruang keluarga yang nyaman.

Memanfaatkan Ruang bawah Tangga sebagai Ruang Kerja atau Belajar

ruang kerja dan belajar di bawah tangga
©pinterest

Meletakkan meja dan sebuah kursi kecil sudah dapat menyulap ruang bawah tangga dan dimanfaatkan menjadi ruang kerja atau belajar. Sesuaikan panjang dan lebar meja dengan ruang kosong dan sudut yang ada dibawah tangga sehingga tidak mengganggu koridor dan mobilitas disekitarnya. Penambahan rak buku akan membuat desain ruangan yang lebih profesional.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Sebagai Tempat Bermain Anak

ruang bermain anak di bawah tangga
©pinterest

kita dapat memanfaatkan celah ruang bawah tangga sebagai tempat bermain untuk anak. Namun tetap harus memperhatikan keamanan dan kenyaman agar tidak membahayakan bagi anak-anak. kita dapat mendesain ruangan dengan menambahkan rak disudut ruangan yang sempit untuk menghindari benturan. selain itu penggunaan material yang ramah anak-anak dalam mendekorasi ruangan bawah tangga untuk tempat bermain yang nyaman.

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga untuk Membuat Taman Minimalis

taman minimalis dibawah tangga
©pinterest

Cara selanjutnya yang dapat dipilih untuk memaksimalkan ruang sempit bawah tangga menjadi lebih bermanfaat yaitu dengan membuat taman kecil dirumah yang minimalis. Desai taman ini sangat cocok untuk kalian yang hobi berkebun. Kalian dapat menempatkan beberapa tanaman favorit dan mendesainnya sesuai keinginan. Pilih jenis tanaman yang dapat hidup dengan pencahayaan minim dan alami atau dengan membuat atap transparan sehingga cahaya dapat masuk dan tanaman dapat hidup dengan baik.

Memamanfaatkan untuk Tempat Tinggal Hewan Peliharaan

rumah hewan peliharaan dibawah tangga
©pinterest

Kalian yang memiliki hewan peliharaan dapat menciptakan rumah hewan dengan cara memanfaatkan ruang kecil bawah tangga. Area dibawah tangga yang tidak memiliki banyak space dapat didekorasi menjadi kamar tidur hewan peliharaan. Hanya dengan memberikan dekorasi berupa lampu untuk penerangan tanpa harus membuat pintu area bawah tangga menjadi tempat yang sangat cocok untuk hewan peliharaan kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here