Tips Dekorasi Rooftop yang Menarik

0
844
dekorasi rooftop

Didaerah perkotaan yang mana ruang terbuka sedikit sulit ditemui karena padatnya bangunan yang berdiri sehingga kalian mungkin kesulitan untuk menghirup udara segar. Taman kota memang menawarkan ketenangan dari bisingnya kehidupan kota namun itu merupakan tempat umum dan terbatas dalam penggunaanya. Terkadang kita memerlukan tempat yang lebih privasi untuk sekedar melepas penat, dan rooftop bisa menjadi solusinya.

Contoh Dekorasi Rooftop

Rumah-rumah di perkotaan sudah banyak memiliki atap berbentuk seperti dek dan memberikan space lebih untuk sekedar menikmati pemandangan yang tersedia dari atas rooftop. Sebagian orang mendekorasi rooftop (atap) untuk menciptakan ruang pribadi yang nyaman dan menarik. Beberapa yang memiliki budget lebih mendekorasi rooftop dengan  konsep desain sesuai keinginan mereka. Kalian dapat membaca artikel mengenai desain rooftop yang telah kami tulis sebelumnya sebagai referensi dalam mendekor rooftop yang menarik.

Beberapa contoh ide dekorasi untuk rooftop yang dapat kalian buat

contoh dekorasi rooftop
©pinterest
contoh dekorasi rooftop
©pinterest
contoh dekorasi rooftop
©pinterest

Tips Mendekorasi Rooftop

Untuk menciptakan rooftop yang menarik dan nyaman kita dapat mendekorasinya dengan berbagai pernak-pernik yang cantik. Bagi yang ingin memperindah rooftopnya, beberapa tips yang dapat saya bagikan.

1. Menciptakan Lingkungan yang Sesuai

dekorasi rooftop
©pinterest

Jika kalian memiliki rooftop yang kecil, dengan membiarkannya terbuka maka akan terlihat lebih luas. Berikan dekorasi berupa kaca sebagai pengganti tembok untuk pembatas. Kalian juga dapat membuat pagar yang renggang disekelilingnya. Namun juka kalian ingin mendapatkan privasi lebih maka kalian bisa menghindari tips ini. Selain itu angin seringkali menjadi permasalahan dalam rooftop yang dapat merusak tanaman. Untuk menahan angin yang sedikit kencang maka dapat diatasi dengan pemasangan teralis yang permeabel, memasang reng kayu cedar secara horizontal atau menggunakan paranet untuk membuat angin sepoi-sepoi saja. Bahan kaca yang seringkali di pakai untuk dekorasi pembatas juga sebaiknya dipasang jangan berlawanan dengan arah angin karena akan menyebabkan turbulensi yang mengakibatkan kaca pecah kecuali diberikan beberapa lubang.

2. Memilih Tanaman dan Pohon yang Tinggi

tanaman untuk dekorasi rooftop
©pinterest

Rooftop merupakan bagian teratas dan terluar dari rumah dan langsung terpapar sinar matahari kecuali jika terhalang bangunan yang lebih tinggi. Untuk menciptakan suasana yang lebih teduh dan sejuk kalian bisa menambahkan beberapa tanaman dan pohon yang tinggi. Tanaman semak yang tinggi akan memberikan perlindungan dari angin dan hujan serta sinar matahari. Tanaman bambu bisa menjadi salah satu tips yang dapat di gunakan dalam dekorasi kecuali jika angin yang ada di rooftop terlalu kencang. Kalian bisa menanamnya disekitar area pembatas sehingga menciptakan dekorasi rooftop yang lebih menarik dan alami.

3. Menambahkan Furnitur

penambahan furnitur utuk rooftop
©pinterest

Menentukan terlebih dahulu furnitur apa yang cocok untuk mendekorasi rooftop sesuai dengan konsep desain dan kebutuhan kalian. Misalkan anda dapat menambahkan sofa atau kursi untuk menciptakan desain yang simpel pada rooftop atau bisa juga menambahkan hammock untuk konsep rooftop yang sempit dan kecil. Selain itu tips lantai kayu untuk dekorasi akan membuat rooftop menjadi lebih nyaman dan terlihat elegan. Kalian juga dapat menambahkan peralatan makan dan memasak pada rooftop sehingga kalian bisa mengadakan pesta barbeque diatas.

4. Pemilihan Warna

pemilihan warna untuk dekorasi rooftop
©pinterest

Usahakan  tidak memilih lebih dari tiga kombinasi warna untuk mendekorasi rooftop. Pilih satu warna sebagai warna dasar dan dua warna lainnya sebagai warna pendukung. Jangan terlalu banyak memberikan warna sebagai dekorasi karna akan membuat rooftop terlihat ramai dan berantakan. Kalian bisa memilih dan mengkombinasikan warna-warna netral seperti coklat, krem atau putih dan abu-abu dalam mendekorasi rooftop.

5. Mengutamakan Keamanan dan Keselamatan

dekorasi rooftop yang aman
©pinterest

Keamanan jelas yang terpenting dalam mendekorasi rooftop. Pastikan kalian tidak menggantung atau menempatkan pot di tepian pembatas. Teralis dan pelindung harus di pasang dengan kuat dan sesuai prosedur. Sebelum mendekorasi rooftop ada baiknya berkonsultasi dengan ahlinya untuk menentukan material yang sesuai dan cocok dengan keadaan bangunan. Kalian juga dapat memilih bahan seperti plastik, fiberglass, atau bahan lain yang lebih ringan sehingga tidak memberi beban lebih terhadap rooftop. Hindari meletakkan pot tanaman yang berat di tengah rooftop. Kalian juga bisa menggantung pot di dinding bisa jadi solusi. Memilih furnitur yang berbahan ringan dan mudah di pindahkan menjadi tips yang tepat.

6. Maksimalkan Ruang Vertikal

pemanfaatan area vertikal pada rooftop
©pinterest

Manfaatkan semaksimal mungkin ruang vertikal yang tersedia untuk mendekorasi rooftop. Gantung pot dan tanaman pada dinding atau buat rak untuk menempatkan pot tanaman hias. Kalian juga bisa menumbuhkan tanaman rambat untuk dekorasi dinding diatas rooftop sehingga akan terlihat lebih menarik dan alami.

7. Pencahayaan

pencahayaan pada rooftop
©pinterest

Penting untuk memberikan penerangan untuk mendekorasi rooftop pada malam hari. Sebaiknya memberikan lebih dari banyak titik terang seperti dekat tangga atau pintu. Tambahkan beberapa dekorasi lampu seperti lampion atau lilin yang akan menambah suasana lembut nan romantis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here