Cara Memilih Mangga yang Benar-Benar Matang Alami Tanpa Pakai Obat

0
1515

Mangga adalah salah satu buah yang banyak digemari masyarakat. Kandungan vitamin C yang banyak pada mannga ini dan rasanya yang manis menjadi alasannya jadi buah terfavorit. Namun dijaman sekarang banyak pedagang yang memaksa buah itu untuk matang padahal belum matang. Dengan cara pakai obat yang bisa membuat cepat matang adalah salah satu trik pedangang.  Salah satunya buah yang bisa di buat matang paksa yaitu mangga. Bagaimana cara agar kita tidak tertipu memilih mangga yang pakai obat matangnya? Berikut tips agar memilih mangga yang tepat :

  1. Batangnya

Kita bisa lihat dari batangnya, Jika batang tersebut menonjol keluar dan tidak beraturan bentuknya berarti mangga tersebut memang dipohon. Dan sebaliknya jika batang ujungnya masuk kedalam dan rapi atau dengan cara digunting berarti itu mangga yang pakai obat matangnya.

2. Beratnya

Beratnyapun berbeda jika buah matang yang dari pohonnya langsung pasti lebih berat. Mengapa bisa lebih berat? Karena buah yang matang akan mengeluarkan air yang cukup banyak. Dan jika bila beratnya agak ringan berarti mangga tersebut menggunakan obat untuk matangnnya.

3. Warnanya

Dilihat dari warnanya yang matangnnya dari pohon warnanya akan kuning gelap dan berbintik hitam. Untuk mangga yang pakai obat matangnya warnanya pucat dan berkeriput.

4. Tekstur Jika dipencet

Untuk mangga yang matang dari pohonnya jika dipencet akan terasa mengeluarkan air yang cukup banyak. Sebaliknya jika mangga yang menggunakan obat untuk matangnya jika dipencek akan terasa mengeluarka air yang sedikit.

5. Baunya

Bau yang dikeluarkan mangga matang akan memiliki bau yang khas harum menyengat. Untuk buah mangga yang pakai obat matangnnya baunya tak akan menyengat di hidung. Kita harus bisa merasakan mana yang menyant dan mana yang tidak.

Diatas adalah tips untuk memilih mangga yang benar-benar manis dan benar-benar matang. Semoga kita tidak salah pilih untuk memilih mangga. Selamat mencoba tips diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here