Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami

0
925

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini merupakan proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan. Normalnya menstruasi terjadi sekitar 3-7 hari pada kebanyakan wanita. Meski demikian, tidak semua wanita mengalami siklus yang sama, bahkan di antara wanita yang berusia hampir sama. Siklus mentruasi terkadang bisa datang lebih cepat atau lebih lambat, dengan perbedaan yang berkisar antara 21 hingga 35 hari. Dalam proses menstruasi kebanyakan wanita mengalami disminore. Bagaimana cara mengatasi disminore? Berikut beberapa contoh untuk mangatasi disminore :

  1. Olah Raga Ringan

Dengan melakukan olah raga ringan dapat meregangkan otot- otot seluruh tubuh terutama pada bagian dinding rahim. Lakukanlah pergerakan kecil peregangan tubuh dalam waktu yang cenderung rutin. Dengan begitu rasa nyeri pada perut ketika haid akan sirna secara perlahan.

2. Minum Air Putih Hangat Atau Kompres Air Hangat

Saat haid terasa menyakitkan, cobalah mengompres perut dengan botol berisi air hangat. Suhu panasnya akan membantu melemaskan otot rahim yang tegang sehingga mengurangi rasa sakit. Anda bisa mengulangnya sesering mungkin. Anda hanya menempelkan botol yang berisi air hangat ke perut anda bagian bawah. Jika anda tidak bisa mengkompres, anda bisa minum air putih hangat sesering mungkin. Hal tersebut sama saja agar melemaskan otot rahim dan merilekskan tubuh.

3. Makan Makanan yang Bergizi

Pada makanan, hindari makanan berlemak tinggi, mengandung banyak MSG dan bahan pengawet lainnya. Sebaiknya konsumsi makanan yang bisa dipercaya mengurangi rasa nyeri, yaitu nanas, brokoli, pisang, ikan salmon, bayam, ayam tanpa lemak dan dark chocolate. Selain itu, usahakan hindari minum kopi dan soda. Kafein dapat memperparah kram dan nyeri otot perut.

4. Minum Obat Penghilang Rasa Nyeri

Jika rasa nyeri sudah tidah tertahankan, Cobalah segera pergi ke tenakes (Teanga Kesehatan). Tujuannya untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana kondisi rahim yang sebenarnya, apakah masih dalam keadaan baik-baik saja atau tidak. Dengan begitu, menjadi lebih tahu penanganan atau solusi seperti apa yang harus dilakukan selanjutnya agar tidak lagi mengalami rasa nyeri.

Diatas adalah sebagian besar bagaimana menghlangkan rasa nyeri. Jangan anggap sepele jika nyeri haid berlehihan. Segeralah periksakan ke yang berwenang agar nyeri haid tidak berkelanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here