Cara Merawat Bayi Baru Lahir Sampai Lepasnya Tali Pusar

0
1102

Cara merawat bayi bukanlah hal yang mudah. Seperti yang kita ketahui bayi begitu rentan dan sensitif terhadap sesuatu. Perawatan bayi pada jaman dahulu sama sekarang sangatlah berbeda karena mengikuti perkembangan jaman dan teknologi yang sudah maju. Berikut cara merawat bayi yang benar :

  1. Menjaga Kebersihan Bayi

Kebersihan bayi sangatlah penting karena kulit bayi yang masih sensitif terhadap apapun dan perlu beradaptasi. Oleh karena itu, Memandikan bayi harus sama orang yang sudah berpengalaman karena masih rawan. Setelah selesai mandi pastikan seluruh tubuh dikeringkan dan jangan lupa tetap jaga kehangatan bayi. Pakaikan baju yag bersih dan kering, jangan lupa oleskan minyak telon tanpa harus ditaburi bedak. Karena bedak bisa masuk ke lubang yang terbuka pada bayi. Makanya, tidak diperbolehkan pada bayi. Dan jangan pakai gurita karena bisa menganggu pernapasan bayi jika kekencangan. Jika bayi BAK dan BAB segera bersihkan agar kulit tidak menjadi lembab dan tidak kemerahan.

2. Menjaga Tali Pusar

Bagaimana menjaga tali pusar agar tetap kering? Hal ini kelihatannya mudah tapi banyak orang yang lalai dalam perawatan tali pusar. Tali pusar cukup dirawat dengan kassa yang kering dan sering di ganti dan dilihat. Jangan kasih tambahan apapun dalam perawatan tali pusar.

3. Membangunkan Bayi Setiap 2 jam sekali

Kita sebagai ibu harus jeli terhadap bayi yang baru lahir. Jangan merasa senang kalau bayi hanya diam dan terus tertidur. Tidurnya bayi yang cukup lama bisa mengakibatkan dehidrasi pada bayi. Jadi, jika bayi tidur bangunkan 2 jam sekali atau seseringmungkin di bangunkan agar menyusui dan nutrisi pada bayi akan tercukupi. Lebih baik lakukan sesering mungkin menyusui bayi agar bayi tidak dehidrasi.

3 hal diatas adalah hal yang paling penting dalam merawat bayi.Jadi, ingat ya ibu-ibu sepertinya mudah dalam merawat bayi tapi kenyataanya banyak bayi yang dehidrasi, terjadi ruam popok karena tidak menjaga kebersihan dan tali pusar menjadi kemerahan dan berbau karena merawat ditambahin dengan yang lain. Bila terjadi seperti tersebut segeralah bawa bayi anda ke tenakes (Tenaga Kesehatan) terdekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here