Cara Membuat Green House Hidroponik Sederhana Di Rumah

0
1397

Bertemu kembali dengan mencoret.com yang selalu setia memberikan berbagai informasi atau sebuah tips dalam menciptakan sebuah tempat tinggal yang nyaman. Pada kesempatan kali ini ada sebuah informasi penting untuk anda yang memiliki hobi menanam atau anda yang akan mencoba meman faatkan sedikit lahan di rumah anda dengan membuat sebuah green house untuk menanam tumbuhan dengan mentode hidroponik. Seperti apa desain dan bangai mana cara membuatnya silahkan simak di beah ini.

Green House Hidroponik Di Rumah

Sebuah mentode baru dalam menanam tumbuhan dengan temoat yang terbatas namun hasil yang sangat memuaskan yaitu hidroponik kini mulai banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia, tidak sedikit orang yang mulai memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah atau tempat tinggal mereka dengan membuat sebuah green house yang akan menjadi tempat di aman bercocok tanam dengan metode ini di lakukan. Ada banyak sekali orang mengapa mulai menggeluti hobi menenam dengan metode ini, mengapa mimin katakan hobi, karena jika di buat sebagai media usaha membutuhkan lahan yang cukup luas agar hasil yang di dapatkan cukup banyak, sedang kan kali ini mimin akan menjelaskan sebuah green house sederhana yang bisa di buat di rumah dengan lahan yang terbatas, namun tidak menutupkemunkinan ini menjadi peluang usaha yang menarik bagi anda.

Cara Membuat Green House Hidroponik Sederhana

Pada dasarnya membuat green house untuk metode hidroponik ini cukup sederhanda atau lebih tepatnya di kita tidak memerlukan sebuah desain yang khusus untuk grenn house ini. Munkin anda penasaran seperti apa desain dan bagai mana cara membuat gren house sederhana ini, kami telah mempersiapkan dua hal yang perlu di perhatikan dalam membuat green house hidroponik sederhana ini.

© Pinterest

Desain Green House

Untuk bangunannya sendiri tidak terlalu sulit dan cukup sederhana untuk kita buat, yang penting kita membuat seluruh banguanan atau green house ini tertutup namun masih tetap dapat terkena cahaya matahari yang biasanya menggunakan plastik UV sebagai media dinding green house, dan rangka bangunan mengunakan banyak sekali pilihan seperti baja ringan, kayu, bambu, dan yang lainnya.

Desain Media Tanam

Yang membedakan metode hidroponik ini yaitu media tanam yang di gunakan, jika biasanya kita menenam sebuah tumbuhan menggnuakan tanah sebagai media tanam, dengan metode hidroponik ini air yang memilik peran penting dalam proses penanaman di mana sumber makanan yang biasanya tumbuhan dapatkajn dari tanah akan di berikan oleh ari dalam metode ini. Dengan kata lain tumbuhan akan mencari sumber nutrisi mereka dari air yang mengalir.

© Pinterest

Ada banyak seklai desain atau bentuk yang bisa kita gunakan, bahkan bahan yang di gunakan juga cukup beragam, dan ini yang emnajdi daya tarik orang unik memiliki green house hidroponik di rumah mereka.

Membuat Green House Dengan Biaya Murah

Dalam membuat apapun tentunya membutuhkan biaya dalam prosem pembuatan dari mulai bahan baku samapi biaya yang lainnya, namun ada banyak cara agar kita bisa membuat green house hideropinik sederhana dan dengan biaya yang murah. Di bawah ini ada beberapa tips untuk menekan biaya pembuatan grennhouse ini:

Pemilihan Bahan Baku

© Pinterest

Bahan baku dalam membuat sebuah green house tidak lah murah namun kita masih bisa mengatasinya dengan mengganti beberpa bahan baku yang akan di gunakan dengan bahan baku yang murah bahakan tidak memerlukan biaya seperti bahan tiang untuk bangunan yang biasanya menggunakan baja ringan agar lebih kokoh kita bisa mengguanakn bambu seagi bahan utama dengan harga yang lebih muran namun dengan catatan kita harus merancangnya dengan baik karena material bambua yang cepat lapuk dan tidak tahan lama akan menjadi masalah di kemudian hari.

Desain Media Tanam

Ada banyak sekali bentuk dan desain yang akan di jadikan sebagai medi atanam, namun kebanyakan orang akan menggunakan sebuah pipa PVC yang lebih mudah di desain dan di bentuk. Kita bisa menekan biaya dengan menggunakan cara lain yang lebih unik dengan mendesain model dari tempat media tanam ini dengan berbagai cara dan salah satunya mengguankan barang bekas seperti botol miniman dan yang lainnya.

© Pinterest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here